Month: November 2016

The Age Of Unicorn

The Age Of Unicorn

Unicorn adalah istilah untuk startup yang mempunyai nilai lebih dari satu milyar USD Startup merupakan perusahaan yang didesign untuk tumbuh (growth) dengan cepat. Sebuah perusahaan yang baru didirikan belum bisa disebut dengan startup. Sebuah perusahaan dapat disebut dengan startup jika tumbuh 5 – 7 % setiap minggu-nya . Sedangkan faktor pertumbuhan dapat berupa :

  • Jumlah Pengguna atau
  • Penghasilan

Dengan adanya kemajuan teknologi IT , pada saat ini banyak startup yang berasal dari perusahaan software. Sehingga sering terdengar istilah “Software is eating the world”. Padahal startup bisa saja bukan perusahaan IT asalkan mempunyai pertumbuhan 5-7 % setiap minggunya.

 

Sumber :

Macam macam gaya renang

Macam macam gaya renang

Olahraga renang dalam sejarah , sudah dikenal sejak 10000 tahun yang lalu. Berenang merupakan olahraga air yang  menyenangkan.

Manfaat berenang :

  • Meningkatkan kekuatan dan masa otot
  • Menyehatkan jantung dan kelenturan tubuh
  • Menyehatkan jantung
  • Mengurangi stress
  • Mengontrol berat badan

Ada 4 macam gaya dalam berenang yaitu gaya bebas, gaya dada , gaya punggung dan gaya kupu kupu.

Gaya Bebas

Cara melakukan gaya renang bebas adalah kedua tangan bergantian jauh ke depan kemudian kedua kaki saling bergerak secara bergantian. Pengambilan napas dalam metode ini dilakukan dengan cara menggelengkan kepala ke kanan atau kiri (Disarankan untuk kepala digelengkan ke satu arah saja). Berikut ini contoh berenang gaya bebas di youtube :

 

Gaya Dada / Katak

Gaya dada dilakukan dengan cara ketika tangan digerakan , kedua kaki dalam keadaan lurus. Sebaliknya saat kedua kaki mengayuh , kedua tangan lurus ke depan. Gerakannya mirip seperti gerakan katak berenang.

 

Gaya Punggung

Gaya punggung dilakukan dengan posisi terlentang dengan kaki bergerak . Berikut ini adalah tutorial gaya punggung yang ada di youtube :

 

Gaya Kupu kupu (Butterfly) :

Tehnik Butterfly merupakan tehnik sinkronisasi antara tendangan lumba lumba dan gerakan lengan. Tehnik yang bagus sangat penting untuk berenang secara efektif. Gerakan tubuh seperti gelombang sangat signifikan dalam menciptakan tenaga penggerak, sebagai kunci sinkronisasi pemulihan dan pernafasan

 

 

Latihan Lari

Latihan Lari

Lari adalah salah satu olahraga tertua di dunia. Latihan lari memperkuat anggota tubuh, melatih paru-paru dan membantu peredaran darah. Lari adalah olahraga yang sangat mudah dilakukan. Dibandingkan olahraga lainnya , berlari memiliki kelebihan yaitu biaya yang lebih rendah, hanya membutuhkan pakaian dan alas kaki yang layak serta jalur yang dapat dilalui. Agar terstruktur maka berlari disarankan mengikuti program / pola dari orang yang lebih berpengalaman agar efektivitasnya terjamin.

Berikut ini adalah program lari 5 km  8 minggu yang diambil website Halhigdon. Halhigdon merupakan seorang pelari marathon dan instruktur lari marathon.

NO SENIN SELASA RABU KAMIS JUMAT SABTU MINGGU
1 REST atau JALAN/LARI LARI 2.5 KM REST atau JALAN/LARI LARI 2.5 KM REST LARI 2.5 KM JALAN 30 MENIT
2 REST atau JALAN/LARI LARI 2.8 KM REST atau JALAN/LARI LARI 2.5 KM REST LARI 2.8 KM JALAN 35 MENIT
3 REST atau JALAN/LARI LARI 3.2 KM REST atau JALAN/LARI LARI 2.5 KM REST LARI 3.2 KM JALAN 40 MENIT
4 REST atau JALAN/LARI LARI 3.6 KM REST atau JALAN/LARI LARI 2.5 KM REST LARI 3.6 KM JALAN 45 MENIT
5 REST atau JALAN/LARI LARI 4 KM REST atau JALAN/LARI LARI 3.2 KM REST LARI 4 KM JALAN 50 MENIT
6 REST atau JALAN/LARI LARI 4.4 KM REST atau JALAN/LARI LARI 3.2 KM REST LARI 4.4 KM JALAN 55 MENIT
7 REST atau JALAN/LARI LARI 4.8 KM REST atau JALAN/LARI LARI 3.2 KM REST LARI 4.8 KM JALAN 60 MENIT
8 REST atau JALAN/LARI LARI 4.8 KM REST atau JALAN/LARI LARI 2.5 KM REST REST LARI 5 KM

Berikut ini adalah program lari 10 km :

Catatan : Cross Training merupakan olahraga aerobic lainnya seperti berenang , bersepeda, sepakbola , tennis, yoga , zumba , senam aerobik dll

NO SENIN SELASA RABU KAMIS JUMAT SABTU MINGGU
1 REST LARI 4 KM 30 MENIT CROSS LARI 3.2 KM REST 40 MENIT CROSS LARI 4.8 KM
2 REST LARI 4 KM 30 MENIT CROSS LARI 3.2 KM REST 40 MENIT CROSS LARI 5.6 KM
3 REST LARI 4 KM 35 MENIT CROSS LARI 3.2 KM REST 50 MENIT CROSS LARI 6.4 KM
4 REST LARI 4.8 KM 35 MENIT CROSS LARI 3.2 KM REST 50 MENIT CROSS LARI 6.4 KM
5 REST LARI 4.8 KM 40 MENIT CROSS LARI 3.2 KM REST 60 MENIT CROSS LARI 7.2 KM
6 REST LARI 4.8 KM 40 MENIT CROSS LARI 3.2 KM REST 60 MENIT CROSS LARI 8 KM
7 REST LARI 4.8 KM 45 MENIT CROSS LARI 3.2 KM REST 60 MENIT CROSS LARI 8.8 KM
8 REST LARI 4.8 KM 30 MENIT CROSS LARI 3.2 KM REST REST LARI 10KM

Sumber :

Cara Diet

Cara Diet

Berikut ini adalah berbagai macam diet efektif yang ditemukan di internet untuk menurunkan berat badan. Ingat diperlukan olahraga agar diet ini berhasil. Minimal setiap hari olahraga / jalan selama 30 menit. Lebih baik jika olahraga dilakukan di pagi dan sore hari

METODE 1 : (Dapat dari facebook)

JADWAL DAN MENU DIET :
08:00 nasi 6 sendok + 90gr ikan/ayam/daging
10:00 1 buah apel
12:30 nasi 8 sendok + 90gr ikan/ayam/daging + 2 sendok sayuran
16:00 1 buah apel
19:00 nasi 6 sendok + 90gr ikan/ayam/daging + 2 sendok sayuran
21:00 1 buah apel

METODE 4J (JAM JENIS JUMLAH JALAN):
– JAM harus ditaati, hanya boleh meleset kurang lebih 15 menit
– JUMLAH harus ditimbang mentah sesuai menu, hanya boleh meleset kurang lebih 10%
– JENIS makanan tidak boleh mengandung kulit, minyak, margarin dan goreng2an (tumis2an)
– JALAN pelan2 tiap hari minimal 30 menit

 

METODE 2 : DIET 7 HARI ( GM DIET / SACRED HEART DIET )

Setiap hari minimal minum 10 gelas air putih. Diet ini disarankan hanya dilakukan sebulan sekali. Disarankan membuat sup pembakar lemak yang dikonsumsi tiap hari (tidak membuat sup juga tidak apa-apa)

 

Hari 1 : Buah-buahan, kecuali pisang. Di hari pertama ini hanya dibolehkan makan buah-buahan. Buah apa saja kecuali pisang. Boleh makan hingga kenyang. Sangat disarankan untuk mengonsumsi lebih banyak buah melon dan semangka.

Hari 2 : Sayur-sayuran. Hari kedua hanya dibolehkan makan sayur-sayuran. Apa saja baik mentah maupun matang. Bisa dimasak tumis, sup ataupun rebus. Tidak ada batasan jumlah ataupun tipe sayuran dan boleh makan hingga kenyang.

Hari 3 : Sayur dan Buah. Di hari ketiga bisa mencampur menu sayuran dan buah-buahan. Tidak ada batasan jumlah dan boleh sebanyak yang diinginkan. Tetapi tetap tidak boleh mengonsumsi buah pisang atau kentang.

Hari 4: Pisang dan Susu. Di hari keempat konsumsi pisang sejumlah 8 buah pisang serta 3 gelas susu. Tidak mengonsumsi jenis makanan lain.

Hari 5: Daging dan Tomat. 500 gr daging sapi dan 6 buah tomat menjadi menu utama di hari kelima. Hamburger dibolehkan. Tingkatkan konsumsi air putih untuk membersihkan sistem pencernaan. Daging sapi bisa diganti dengan daging ayam tanpa kulit atau tempe bagi yang vegetarian.

Hari 6: Daging dan Sayuran. Di hari keenam boleh memakan kombinasi sayuran dan daging dalam jumlah yang tidak dibatasi.

Hari 7: Beras Merah, Jus buah, dan Sayuran. Di hari terakhir diet mulai kembali ke pola makan yang biasa dengan menu beras merah, jus buah serta sayuran.

“ SUP PEMBAKAR LEMAK ”

BAHAN DASAR :

1. 3-6 BAWANG BOMBAY

2. 6 BUAH TOMAT SEGAR

3. 1 BUNGA KOL

4. 2 BUAH PAPRIKA HIJAU

5. KALDU / AIR

CARA MEMBUAT :

POTONG SAYURAN KECIL2, MASUKKAN DALAM AIR KALDU, REBUS SELAMA 10 MENIT ATAU SAMPAI LUNAK. MAKANLAH SUP INI TIAP ANDA MERASA LAPAR SEJUMLAH YANG ANDA INGINKAN DAN TIAP SAAT DALAM SEHARI. SUP INI TIDAK AKAN MENAMBAH KALORI DALAM TUBUH.

CATATAN :

*SUP PEMBAKAR LEMAK DAPAT DI KOMSUMSI SETIAP SAAT MERASA LAPAR, MAKANLAH SEBANYAK YANG DIINGINKAN DAN SESERING YANG DIMAUI.

*SUP INI TIDAK MENAMBAH KALORI DALAM TUBUH SAMA SEKALI. SEMAKIN BANYAK SUP INI ANDA KONSUMSIKAN SEMAKIN BESAR LEMAK ANDA YANG TERBAKAR.

 

METODE 3 : Diet Mayo / Hollywood Diet

Diet ini dilakukan selama 13 hari , intinya adalah menghindari garam

Menu Pagi Hari

Hari 1 dan 8 : secangkir kopi/teh manis + 1 sendok gula pasir
Hari 2 dan 9 : secangkir kopi/teh manis + 1 sendok gula pasir
Hari 3 dan 10 : secangkir kopi/teh manis + 1 sendok gula pasir
Hari 4 dan 11 : secangkir kopi/teh manis + 1 sendok gula pasir + sepotongh roti bakar
Hari 5 dan 12 : sebuah wortel besar mentah yang diparut dan ditaburi jeruk citrun
Hari 6 dan 11 : secangkir kopi/teh manis + 1 sendok gula pasir + sepotongh roti bakar
Hari 7 : secangkir kopi/teh tanpa gula

Menu Siang Hari

Hari 1 dan 8 : 2 butir telur rebus + 1 ikat bayam + 1 buah tomat
Hari 2 dan 9 : 1,5 ons bistik goreng/rebus + selada + 1 buah segar
Hari 3 dan 10 : 2 butir telur rebus + 1 ikat bayam + tomat + 1 buah segar
Hari 4 dan 11 : 1 butir telur rebus + 1 wortel yang direbus sebentar + keju trim 20gr
Hari 5 dan 12 : 2,5 ons ayam kukus ditambah sedikit saus mentega yang tidak asin
Hari 6 dan 13 : 2,5 ons ayam kukus + selada dengan jeruk citrun
Hari 7 : 1,5 ons bistik goreng + 1 buah segar

Menu Malam Hari

Hari 1 dan 8 : 1,5 ons bistik goreng/rebus + selada dengan jeruk citrun
Hari 2 dan 9 : 2,5 ons ayam kukus + 1 pisang
Hari 3 dan 10 : 2,5 ons ayam kukus + selada dengan jeruk citrun
Hari 4 dan 11 : pepaya satu mangkok penuh dengan jeruk citrun + 1 gelas susu rendah lemak
Hari 5 dan 12 : 2,5 ons bistik goreng/rebus + selada + seikat bayam
Hari 6 dan 13 : 2 butir telur rebus + wortel besar parut mentah dengan citrun
Hari 7 : 2 butir telur rebus + 2 pisang

 

METODE 4 : DIET OCD

Metode ini menggunakan jendela makan. Kelebihan dari diet ini adalah kita dapat makan seperti biasa yang kita santap tetapi dibatasi oleh waktu.

  • Waktu Bebas Makan 8 jam dan Puasa 16 jam
  • Waktu Bebas Makan 6 jam dan Puasa 18 jam
  • Waktu Bebas Makan 4 jam dan Puasa 20 jam
  • Puasa Selama 24 Jam

Dalam OCD juga dibutuhkan olahraga 7 minute workout. Anda dapat melihatnya di youtube

METODE 5 :

Menghindari gorengan, santan, minyak, gula, dan nasi

  • Pagi : mengkonsumsi perasan jeruk lemon, kemudian dilanjutkan dengan  jus wortel, jus tomat,  jus pepaya, jus apel, dan jus nanas
  • Siang : Makan seperti biasa, namun tanpa nasi, dan mengutamakan menu yang direbus atau dikukus. Bagi yang tidak kuat tanpa nasi, bisa dikurangi secara bertahap sampai benar-benar bisa tanpa nasi
  • Malam :  Jus wortel, jus tomat,  jus pepaya dan jus apel
  • Olahraga lari / jalan di treadmill minimal 15 menit setiap hari

METODE 6 : METODE PASTERNAK

Harley Pasternak adalah pelatih kebugaran selebritas papan atas seperti Megan Fox, Katy Perry, Rihanna, dan Kim Kardashian.

Berikut ini adalah metodenya  :

  • Bergerak (10.000 – 14.000 langkah setiap hari)
  • Mengatur pola makan (5x sehari dengan 3x makan utama dan 2x snack (buah seperti apel , semangka)). Jarak 3 jam tiap kali makan, Jangan makan 2 jam sebelum tidur
  • Fokus pada tidur (7 jam sehari)
  • Lakukan latihan weight training minimum 5 menit tiap hari
  • Menjauhi ponsel
7 Tips untuk Meraih Kesedihan

7 Tips untuk Meraih Kesedihan

Karena tips mencapai kebahagian / kesuksesan sudah terlalu mainstream. Maka perlu dibuat tips yang berlawanan. Mencapai kebahagiaan atau kesuksesan itu terlalu sulit perlu usaha yang keras. Berikut adalah 7 tips menggapai kesedihan yang disadur dari buku Poor Charlie’s Almanack :

  1. Mengkonsumsi obat-obatan kimia dalam usaha mengubah mood atau persepsi. Dengan kata lain menggunakan obat-obatan terlarang / narkoba untuk memperoleh kesenangan sesaat
  2. Iri hati. Iri hati disini adalah tidak senang melihat orang lain bahagia
  3. Kebencian / Dendam.  Dengan memiliki kebencian / dendam maka kita tidak fokus dengan kebahagiaan.
  4. Tidak dapat dipercaya.
  5. Belajar sendiri dari pengalaman anda sendiri. Dengan tidak mempelajari dari pengalaman orang lain maka kita akan bersusah payah dalam mengalami sesuatu.
  6. Mudah Menyerah. Apabila kita mudah menyerah maka dapat menimbulkan penyesalan di kemudian hari
  7. Mengabaikan nasihat dari orang yang lebih bijaksana.