Macam macam gaya renang

Macam macam gaya renang

Olahraga renang dalam sejarah , sudah dikenal sejak 10000 tahun yang lalu. Berenang merupakan olahraga air yang  menyenangkan.

Manfaat berenang :

  • Meningkatkan kekuatan dan masa otot
  • Menyehatkan jantung dan kelenturan tubuh
  • Menyehatkan jantung
  • Mengurangi stress
  • Mengontrol berat badan

Ada 4 macam gaya dalam berenang yaitu gaya bebas, gaya dada , gaya punggung dan gaya kupu kupu.

Gaya Bebas

Cara melakukan gaya renang bebas adalah kedua tangan bergantian jauh ke depan kemudian kedua kaki saling bergerak secara bergantian. Pengambilan napas dalam metode ini dilakukan dengan cara menggelengkan kepala ke kanan atau kiri (Disarankan untuk kepala digelengkan ke satu arah saja). Berikut ini contoh berenang gaya bebas di youtube :

 

Gaya Dada / Katak

Gaya dada dilakukan dengan cara ketika tangan digerakan , kedua kaki dalam keadaan lurus. Sebaliknya saat kedua kaki mengayuh , kedua tangan lurus ke depan. Gerakannya mirip seperti gerakan katak berenang.

 

Gaya Punggung

Gaya punggung dilakukan dengan posisi terlentang dengan kaki bergerak . Berikut ini adalah tutorial gaya punggung yang ada di youtube :

 

Gaya Kupu kupu (Butterfly) :

Tehnik Butterfly merupakan tehnik sinkronisasi antara tendangan lumba lumba dan gerakan lengan. Tehnik yang bagus sangat penting untuk berenang secara efektif. Gerakan tubuh seperti gelombang sangat signifikan dalam menciptakan tenaga penggerak, sebagai kunci sinkronisasi pemulihan dan pernafasan

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s